cara mengatasi rambut rontok setelah melahirkan

Mengatasi Rambut Rontok Pasca Melahirkan

Selama periode kehamilan Ibu akan banyak mengalami banyak perubahan termasuk perubahan hormonal. Tak sedikit pula Ibu Hamil yang mengalami rambut rontok pasca melahirkan, yang salah satu penyebabnya adalah perubahan hormon selama kehamilan. Perubahan hormonal dan fisik pasca melahirkan masih terjadi sampai beberapa bulan, salah satu contohnya rambut rontok pasca melahirkan yang bisa terjadi selama 3-6 bulan setelah melahirkan.

cara mengatasi rambut rontok

Siklus pertumbuhan rambut yang normal dibedakan dalam dua fase – fase pertumbuhan dan fase istirahat. Siklus pertumbuhan berlangsung selama 3 tahun dan fase istirahat berlangsung sekitar 3 bulan. Durasi ini sangat berbeda-beda dari satu orang ke orang yang lainnya. Umumnya 85-95% rambut masih dalam fase pertumbuhan. Selama masa istirahat, rambut akan berada di folikel sampai rambut tersebut didorong keluar oleh rambut baru yang tumbuh.

 

Jika Anda seorang wanita, tentu tak ingin kebahagiaan setelah lahirnya si buah hati jadi rusak karena rambut rontok pasca melahirkan. Apalagi jika suami tercinta yang pertama kali menyadari gejala rontok pada rambut Anda. Memperhatikan kesehatan si kecil yang baru lahir memang jauh lebih penting, tapi memelihara rambut Anda bukanlah hal yang buruk bukan?

Kerontokan pasca melahirkan bukan kejadian tiba-tiba. Sebenarnya ada fase atau siklus yang membuat rambut rontok. Dan semasa kehamilan hingga melahirkan, perubahan hormon itu yang membuat fase/siklus rambut rontok. Sebenarnya Anda tak perlu terlalu khawatir, karena ini hal yang wajar.

Dengan adanya proses kelahiran, lebih banyak jumlah rambut-rambut yang memasuki fase istirahat dan rambut-rambut tersebut akan terdorong keluar antara 3 sampai 6 bulan setelah melahirkan. Kebanyakan wanita akan mendapatkan siklus pertumbuhan rambut yang normal kembali 6 – 12 bulan setelah melahirkan.

Tak jarang, wanita mengalami gejala rontok rambut pasca melahirkan dimulai dengan hilangnya ‘anak-anak rambut’ yang biasanya berada di bagian terluar. Pelan tapi pasti, gejala rontok rambut akan dirasakan. Kerontokan rambut setelah melahirkan merupakan hal yang normal terjadi, Bunda bisa memulihkan kerontakan rambut tersebut pasca melahirkan. Bila Bunda terus mengalami kerontokan rambut setelah melahirkan, maka Bunda segera hubungi dokter untuk dilakukan tindakan medis seperti pemeriksaan darah, dll. Faktor lain yang bisa menyebabkan kerontokan rambut,  adalah masalah depresi paska melahirkan.

cara mengatasi rambut rontok setelah melahirkan

Faktor penyebab kerontokan rambut setelah adalah terjadinya perubahan hormon, maka hal ini tidak mungkin dihindari dan dihentikan. “Namun, Anda dapat mendorong pertumbuhan kembali lebih cepat dengan memijat kulit kepala setiap pagi selama 1-2 menit sebelum keramas juga menerapkan stimulant scalp mask”

Kebiasaan merawat rambut dengan baik,  akan membantu rambut tumbuh lebih cepat dan lebih sehat. “Rajin mencuci atau keramas adalah cara yang paling sederhana  dalam merawat rambut, gunakan juga produk yang cocok sesuai jenis rambut Anda,”.

Konsumsi makanan yang bernutrisi dan berprotein juga penting untuk dilakukan. Protein sangat baik untuk kesehatan rambut, untuk itu pastikan Anda mendapatkan asupan protein dalam jumlah yang cukup dalam asupan makanan.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: