kesedihan mendalam

Mengapa Kita Tidak Boleh Jatuh Dalam Kesedihan Yang Mendalam?

Kesedihan yang mendalam karena patah hati, kekecewaan, sakit hati, dikhianati, bahkan akibat kebangkrutan dan lain sebagainya yang membuat kita menjadi sedih berlarut-larut dan mendalam, akan membawa dampak buruk pada diri kita, baik psikis maupun fisik. Sangat tidak dianjurkan apabila kita mengalami suatu kesedihan mendalam hingga berlarut-larut karena dapat menyebabkan depresi. Sebagai manusia kita dibekali akal pikiran dan hati untuk berpikir dan merasa.

Sedih Mendalam
W.Stock

Allah bukan tanpa sebab dan kesengajaan menciptakan manusia dengan akal dan hati, tidak seperti hewan yang hanya punya naluri dan rasa dan bukan pula tumbuhan yang hanya bisa berkembang biak tanpa akal maupun hati. Maka bersyukurlah kita diciptakan sebagai manusia yang sempurna jasmani dan rohani juga akal pikiran hati untuk memproses seluruh rangsangan dari luar diri kita, salah satunya adalah kesedihan yang mendalam.

Kesedihan Mendalam
W.Stock

Penyebab Depresi adalah karena manusia itu sendiri tidak bisa mengontrol dirinya sendiri

Biasanya seseorang yang mengalami kesedihan mendalam tidak bisa menerima dengan akal sehat dan hatinya akan sesuatu hal yang menyebabkan kesedihan itu, misalkan kehilangan orang yang dikasihi (keluarga/sahabat/kekasih), tidak bisa menerima kenyataan yang terjadi, bahkan akan cenderung lagi akibat dari kesedihannya ia terhanyut dalam pemikiran yang negatif. Selain karena faktor pendidikan psikologi, rohani, orang tersebut juga belum dewasa dalam pemikiran dan belum matang dalam memproses atau menerima segala konsekuensi yang Allah berikan.

Akan semakin terlihat jelas seseorang yang jatuh dalam kesedihan mendalam, jika semakin dia sedih yang sangat mendalam semakin kurang dewasanya dia dalam mengendalikan diri dan mengolah masalah atau keadaan yang sedang dihadapi. Pantas saja banyak dari sebagian mereka yang depresi hingga melakukan tindakan yang dibenci Allah yaitu bunuh diri. Hanya karena suatu beban yang melilitnya dan belum bisa terbebas dari lilitan tersebut, ia melakukan bunuh diri yang sudah jelas-jelas perbuatan yang tidak dimaafkan dan paling dibenci Allah.

Allah memberikan kita akal pikiran dan hati untuk berpikir mencari solusi dan hati mengolah akal pikiran agar seimbang dalam memutuskan dan mempertimbangkan akibat apa yang akan diterima jika ia melakukan hal yang negatif, begitu pula sedih yang berlarut-larut.

Gelisah
W.Stock

Untuk menjadikan renungan bagi kita agar kita sebagai manusia yang diberikan Allah dengan kesempurnaan akal pikiran dan hati untuk selalu ingat, bahwasannya kesedihan mendalam adalah bagian sangat terkecil dari apa yang Allah karuniakan bagi kita yaitu jangan menyia-nyiakan hidup yang kekal dengan menyia-nyiakn waktu yang sesaat. Berikut adalah sekilas dari perjalanan hidup kita sebagai manusia.

Maka dari itu, jaga hubungan baik kita dengan keluarga, tetangga, masyarakat umum dan yang paling utama adalah hubungan dengan Allah agar kita selalu sadar dan ingat bahwa kita adalah manusia yang sempurna diantara mahluk lain dan kita patut bersyukur atas hidup yang Allah berikan untuk kita.

Bersikap sabar dan ikhlas atas ketentuan yang Allah berikan, sambunglah hubungan baik kita dengan Allah dengan melaksanakan perintahNya dan menjauhi segala laranganNya.

Motivasi Diri
W.Stock

Tetap jaga hati dan pikiran kita pada tingkat kesadaran yang tinggi, maka kita tidak akan tenggelam pada kesedihan yang mendalam pada masalah atau kesulitan yang sedang dihadapi.

Tetap semangat!

 

 

 

Whalaa Search Terms:

  • gambar kesedihan
  • Kesedihan yang m
  • kesedihan yang mendalam
  • mengapa seseorang seringkali tidak bisa mengontrol dirinya sendiri

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: