manfaat madu aa

Manfaat Royal Jelly Sebagai Makanan Alami Anti-Penuaan

Royal Jelly atau susu lebah, merupakan sumber makanan yang paling istimewa bagi lebah, terutama bagi Ratu Lebah yang mengkonsumsinya seumur hidup. Royal Jelly kaya akan kandungan nutrisi penting alami yang dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi manusia, terutama dapat memperlambat proses penuaan. Cara mengatasi rambut rontok.

penuaan dini

Proses penuaan terjadi secara alamidan tidak dapat dihindari oleh siapapun. Hal ini merupakan proses alami akibat bertambahnya usia kita. Beberapa dari kita mengalami proses penuaan disertai dengan timbulnya penyakit arthritis, katarak, diabetes dan sakit jantung. Proses penuaan juga dapat mempengaruhi daya ingat, aktifitas, penglihatan, dan perubahan pada kulit kita.

Efek-efek ini serta berbagai penyakit degeneratif merupakan tanda terjadinya penuaan dini, yang sering kali disebabkan oleh kebiasaan makan yang buruk, polusi, dan kebiasaan merokok, serta mengkonsumsi alkohol.

Penelitian membuktikan bahwa solusi utama untuk mengurangi efek penuaan adalah dengan mengkonsumsi nutrisi secara optimal. Diet seimbang dan suplemen yang tepat dapat membantu memelihara sel tubuh kita serta dapat memerangi radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel merupakan faktor utama dalam proses penuaan.

Apakah Royal Jelly Itu?

Royal Jelly dikenal juga dengan sebutan susu lebah karena warnanya yang mirip dengan warna susu, dihasilkan dari kelenjar hipofaringeal yang terdapat di bagian kepala lebah perawat, yang merupakan makanan bagi para lebah dan Ratu Lebah.

Secara genetik, telur Ratu Lebah identik dengan telur Lebah Betina lainnya. Tetapi lebah pekerja (betina) hanya mengkonsumsi Royal Jelly selama tiga hari pada fase larva, sementara Ratu Lebah mengkonsumsi Royal Jelly sepanjang hidupnya.

Royal Jelly membuat Ratu Lebah memiliki banyak keunggulan dibandingkan Lebah Betina lainnya, yaitu Ratu Lebah berusia 40 kali lebih lama dibanding Lebah pekerja (4-6 tahun dibandingkan 5-6 minggu), dan dapat menghasilkan telur hingga 2.000 telur per harinya, sementara lebah betina yang lain tidak menghasilkan telur atau mandul. Sungguh luar biasa!

Royal Jelly atau Susu Lebah

Royal Jelly kaya akan kandungan nutrisi penting yang tidak hanya berguna bagi para lebah, tetapi juga bermanfaat bagi manusia, seperti :

  • Protein dan asam amino, yang merupakan komponen terbesar dalam royal jelly.
  • Asam lemak esensial. Asam lemak yang paling banyak terkandung dalam royal jelly adalah 10-DHA (trans-10-hydroxy-2-decenoic acid). Hingga kini belum ditemukan produk alami lain yang memilki kandungan 10-DHA, tidak juga pada hasil lainnya.
  • Vitamin B Kompleks, seperti : B1, B2, B6, B12, biotin, asam folat, dan Inositol. Selain itu juga kaya kandungan vitamin B5 atau asam pantotenat, yang dikenal akan khasiatnya untuk mengurangi tingkat stress.
  • Asetilkolin.
  • Gula, yaitu fruktosa dan glukosa, yang merupakan sumber karbohidrat.
  • Enzim.
  • Mineral, seperti : Kalium, kalsium, natrium, zink, besi cuprum dan mangan.

Royal Jelly atau Susu Lebah

Manfaat Royal Jelly

Anti-Penuaan

Sebagai anti-penuaan, yang dapat membantu memperpanjang rentang hidup.

Anti-Aging

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang pada tahun 2003 dengan menggunakan hewan percobaan tikus, Royal Jelly terbukti dapat meningkatkan rentang hidup tikus sekitar 25%, akibat terjadinya penurunan kerusakan DNA.

Sebagai Antioksidan Tinggi

Protein yang terdapat dalam royal jelly memiliki aktifitas antioksidan yang tinggi yang bermanfaat untuk mengatasi radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh, yang juga merupakan faktor penyebab terjadinya penuaan dini.

Anti-Oksidan

Menjaga Keremajaan Kulit

Penelitian membuktikan bahwa 10-DHA yang terdapat dalam royal jelly dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam sel kulit. Kolagen merupakan protein yang terdapat pada kulit, yang bertugas untuk mempertahankan keremajaan dan kelenturan kulit sehingga tidak mudah keriput.

Peremajaan Kulit / Skin Regeneration

Meningkatkan Daya Ingat Serta Menjaga Kesehatan Otak

  1. Kandungan asetilkolin dalam royal jelly dapat membantu meningkatkan daya ingat, sangat bermanfaat bagi mereka yang lanjut usia ataupun yang menderita penyakit Alzheimer (pikun).
  2. Dapat membantu melindungi sistem saraf sehingga dapat mencegah timbulnya penyakit syaraf yang umum terjadi paada orang-orang usia lanjut seperti penyakit Parkinson.

Daya Ingat dan Perkembangan Otak

Memiliki Aktifitas Anti-Bakteri dan Anti-Jamur

Protein royalisin, yang hanya terdapat dalam royal jeli, memiliki manfaat sebagai anti-bakteri dan anti-jamur.

Anti-Bakteria

Meningkatkan Sitem Imunitas

Membantu sistem kekebalan tubuh dengan cara menstimulasi produksi sel-sel imun.

Sistem Imunitas

Membantu Memperbaiki Sistem Reproduksi

Kemampuan Ratu Lebah yang bertelur hingga 2.000 perhari dibandingkan lebah betina lain yang tidak menghasilkan telur, yang dikarenakan Ratu Lebah mengkonsumsi Royal Jelly seumur hidupnya, membuat para Ilmuwan melakukan beberapa penelitian, terbukti bahwa Royal Jelly dapat membantu memperbaiki sistem reproduksi pada wanita yang mana dapat meningkatkan kesuburan.

Sistem Alat Reproduksi Manusia

Membantu Mencegah Osteoporosis :

Osteoporosis / Pengeroposan Tulang

  1. Para Ilmuwan menemukan bahwa mengkonsumsi Royal Jelly dapat mengurangi resiko terjadinya keropos pada tulang. Hal ini disebabkan karena Royal Jelly membantu menginkatkan kemampuan tulang dalam menyerap kalsium.
  2. Royal Jelly juga dapat menstimulasi pembentukan tulang serta membantu mengurangi resiko terjadinya osteoporosis akibat menurunnya kepadapatan tulang.

Sekarang banyak produk olahan dari Royal Jelly antara lain berbentuk liquid maupun tablet :

  • Liquid, layaknya seperti daging yang akan membusuk jika tidak segera diolah atau dibekukan dalam lemari es, kondisi Royal Jelly yang dihasilkan akan cenderung memburuk setelah 24 jam. jika Royal Jelly berbentuk Liquid dipanen, diproses dan segera dibekukan dalam waktu tidak lebih dari 24 jam, sehingga kandungan nutrisinya tetap terjaga secara optimal. Royal Jelly berbentuk liquid dicampur dengan madu murni sebagai pengawet alami, untuk menjaga agar nutrisinya tetap terjaga baik selama penyimpanan.
  • Tablet, Royal Jelly yang dipanen dan diproses dalam bentuk tablet sama prosesnya dengan Royal Jelly yang berbentuk liquid, dipanen, diproses dalam waktu kurang dari 24 jam, kemudian dikeringkan melalui metode terbaik untuk menghilangkan kandungan air tanpa menghilangkan kandungan nutrisinya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: