Mau

Madu

Madu terbuat dari nextar yang dikumpulkan oleh lebah dari berbagai macam bunga. Lebah menyimpan nextar didalam kantung madu yang terdapat pada sarang sebagai makanan mereka. Madu memiliki 80 kandungan substansi yang berbeda tapi sangat penting untuk nutrisi manusia. Jenis gula yang terdapat didalam madu adalah glukosa dan fruktosa, keduanya merupakan jenis gula monosakarida yang mudah diresap/dicerna . Gula monosakarida akan langsung masuk kedalam aliran darah tanpa harus diproses lagi sedangkan gula disakarida (gula pasir) harus diurai terlebih dahulu didalam usus halus sebelum memasuki aliran darah.

Madu Sarang

Madu mengandung berbagai vitamin, mineral dan unsur-unsur penting lainnya. Vitamin yang dikandung madu adalah vitamin A, betakaroten, seluruh vitamin B kompleks, C, D, E dan K. Mineral yang dikandungnya antara lain adalah magnesium, sulfur, fosfor, zat besi, kalsium , klor, kalium, yodium, natrium, tembaga dan mangan.

Fosfor

Madu juga mengandung enzim-enzim yang penting untuk berbagai sistem didalam tubuh kita, disamping protein, karbohidrat, asam organik, hormon dan faktor-faktor antimikroba dan antobiotik.

Enzim Pencernaan

Dalam artikel yang berjudul Acceleration of Wound Healing by Topical Application of Honey yang diterbitkan dalam American Journal of Surgery pada tahun1983, Arieh Bergman dan koleganya melaporkan penggunaan madu mentah yang tidak dimasak ternyata sangat efektif untuk penyakit bisul decubitus/luka borok, luka infeksi dan luka bakar.

Madu Mengobati Bisul

Para peneliti dari Israel menambahkan bahwa daerah luka tersebut diatas mengecil dan proses perbaikan jaringan luka dari hewan-hewan yang dioleskan madu ternyata lebih cepat daripada kelompok kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa madu mempercepat proses perbaikan jaringan luka.

Perbaikan Jaringan Luka

Madu memiliki kandungan unsur-unsur nutrisi yang hebat. Secara umum, madu memiliki efek stimultan, memperbaiki selera makan, serta membantu proses pencernaan makanan. Madu bersifat laksatif (membantu mengatasi masalah pencernaan), sedatif (membantu menekan stress), antitoksin, antiseptik, antianemia, penurunan demam, dan emolien (menghaluskan).

Antitoksin

Keempat produk utama lebah (bee pollen, bee propolis, royal jelly dan madu) merupakan bahan yang berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan dapat mempercepat proses pemulihan penyakit.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: