Hormon Bahagia

Inilah Hormon yang Memengaruhi Kebahagiaan Anda

Perasaan dan emosi yang muncul pada diri Anda tidak terjadi begitu saja. Hal tersebut dipengaruhi oleh reaksi kimia yang ada di dalam tubuh. Reaksi inilah yang bertanggung jawab terhadap perasaan positif maupun negatif.

Di antara dua perasaan itu, tentu perasaan positif seperti bahagia, senang dan cinta yang paling diinginkan. Nah, inilah empat hormon-hormon bahagia yang ada di tubuh beserta cara meningkatkannya.

Hati-hati, Hormon “Cinta” Bisa Mengubah Anda jadi Pembohong, hormon yang banyak dijuluki sebagai hormon cinta ini ternyata dapat membuat seseorang menjadi pembohong.

1. Endorfin

Hormon

Hormon ini merupakan obat penghilang rasa sakit alami tubuh Anda yang mampu memblokir rasa sakit.

Cara untuk meningkatkan tingkat endorfin :

a. Berolahraga
b. Makan makanan pedas : Lidah memiliki reseptor yang menangkap rasa pedas. Lalu otak menerimanya sebagai rasa sakit lalu akan melepaskan hormon endorfin.

2. Serotonin

Hormon Serotonin

Ini adalah kunci hormon kebahagiaan. Serotonin mengatur suasana hati, mencegah depresi pada diri Anda.

Cara untuk meningkatkan kadar serotonin :

a. Berada di bawah sinar matahari : Sinar matahari menyebabkan tubuh Anda untuk memproduksi vitamin D, yang memicu pelepasan serotonin.
b. Pikirkan hal-hal yang bahagia : Otak Anda menghasilkan serotonin ketika Anda ingat kenangan atau memikirkan hal-hal yang membuat Anda bahagia.
c. Mengonsumsi makanan seperti susu dan jagung, karena mengandung tryptophan, sebuah zat yang diubah tubuh menjadi serotonin.
d. Olahraga ringan.

3. Dopamin

Dopamin adalah hormon kesenangan yang dilepaskan ketika Anda berusaha menuju tujuan. Hormon ini memotivasi Anda untuk bekerja keras mencapai tujuan tersebut. Inilah hormon yang membuat Anda waspada dan fokus akan suatu hal.

Hormon Bahagia

Cara untuk meningkatkan kadar dopamin Anda :

a. Tetapkan tujuan harian atau bulanan : Hal ini membuat Anda fokus mengetahui hal apa yang ingin Anda capai minggu ini atau bulan ini.
b. Tetapkan tujuan berolahraga : Hormon dopamin, akan meningkat bersama-sama dengan serotonin dan endorfin ketika berolahraga. Dengan menetapkan tujuan akan meningkatkan produksi dopamin bahkan lebih.
c. Makan makanan yang kaya protein.

4. Oksitosin

Oksitosin adalah hormon cinta yang dilepaskan terkait hubungan percintaan dan melahirkan. Hormon ini juga meningkatkan perasaan cinta dan kepercayaan terhadap seseorang.

Hormon Oksitosin
Cara untuk meningkatkan tingkat oksitosin :

a. Pijat : Melemaskan otot memicu pelepasan hormon ini.
b. Tunjukkan rasa sayang ke orang Anda kasihi : Dengan menyentuh, memeluk, mengusap orang yang Anda cintai bisa meningkatkan hormon oksitosin pada kedua belah pihak.

Whalaa Search Terms:

  • cara membesarkan payudara dgn vaseline

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: